Jumat, 06 Januari 2012

Lilin Batik Lasem - Batik Lasem Online

Proses kreatif membuat Batik Lasem tidak bisa lepas dari lilin batik. Peran lilin batik sangat vital karena menentukan kesempurnaan motif Batik Tulis Lasem. Lilin batik berfungsi untuk menutup bagian kain/motif yang dibuat agar tidak terkena cairan pewarna saat proses pewarnaan Batik Lasem.

Untuk itu, dibutuhkan lilin batik yang berkualitas agar detail ornamen motif Batik Lasem tidak lepas dan kabur. Ada banyak jenis lilin yang bisa digunakan untuk membuat lilin batik, diantaranya:


1.Malam / Lilin Tawon. Malam adalah lilin berwarna kuning suram yang mudah meleleh di suhu 59 derajat celcius. Lilin ini juga mudah melekat pada kain, serta memiliki ketahanan lama dan tidak berubah karena perubahan iklim. Meski demikian, Malam mudah lepas saat di-lorod. Malam biasanya dipakai untuk campuran lilin klowong.

2.Gondorukem. Gondorukem berasal dari getah pohon pinus yang disuling dan dipisahkan terpentin dan airnya. Gondorukem bersifat sangat mudah menembus kain dan titik lelehnya 80 deraja celcius. Saat kering sangat keras dan mudah patah. Gondorukem digunakan untuk campuran lilin batik agar menjadi cukup keras dan tidak cepat membeku, sehingga bentuk lilin pada motif Batik Lasem menjadi baik dan bekasnya bersih.

3.Damar (Damar Mata Kucing). Damar berasal dari sadapan pohon Shorea Spec (pohon damar). Damar sulit meleleh, cepat membeku, dan tahan terhadap larutan alkali. Damar digunakan untuk mencapur lilin batik untuk memperjelas bekas atau garis dan memperkuat melekat di kain.

4.Parafin. Parafin yang berwarna putih bersih atau kuning muda ini bersifat memiliki daya tidak tembus bawah, mudah cair, cepat membeku, mudah melekat tapi mudah lepas. Titik lelehnya 60 derajat celcius. Tahan terhadap lurutan alkali tetapi tidak tahan lama. Parafin digunakan sebagai campuran lilin batik agar menjadi jenis lilin yang memiliki daya tidak tembus bawah yang optimal, dan mudah lepas saat dilorod. Parafin sering digunakan juga sebagai bahan pengisi karena harganya relative murah dibanding lilin lain. Parafin cocok untuk campuran lilin pada udara basah dan musim penghujan. Biasanya dipakai untuk campuran lilin batik klowong dan tembokan, khususnya untuk Batik Lasem kasar.

5.Mikrowax. Mikrowax adalah lilin parafin yang bersifat halus, berwarna kuning muda. Kondisinya lemas seperti lilin kote (malam). Titik lelehnya 70 derajat celcius. Sulit mencair. Mudah lepas dalam rendaman air. Sulit menembus kain. Tahan terhadap larutan alkali. Mikrowax biasa digunakan sebagai campuran lilin batik sebagai lilin klowong dan lilin tembok untuk Batik Lasem berkualitas halus.

6.Kandal (Vet). Vet merupakan lemak binatang yang diambil dari daging sapi atau kerbau. Vet berwarna putih. Sifatnya mudah mencair titik lelehnya 50 derajat celcius. Vet digunakan sebagai campuran yang jumlahnya kecil dan berguna untuk menurunkan titik leleh agar lilin batik menjadi lemas dan mudah dilorod.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar